oleh

Petugas Damkar Diminta Tingkatkan Siap Siaga

Banda Aceh-Belajar dari pengalaman tahun lalu, musibah kebakaran lebih banyak terjadi saat bulan ramadhan. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh meminta petugas lebih meningkatkan kesiapsiagaan.Sehingga ketika kebakaran terjadi damkar benar-benar sigap.

Hal itu ditegaskan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat, Selasa, 29 Mei 2018.

Aminullah juga meminta, Instansi yang dipimpin M Nurdin ini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengingatkan warga selalu berhati-hati terhadap potensi terjadinya kebakaran di bulan puasa.

“Warga harus terus kita ingatkan, misalnya, sampaikan kepada warga untuk memastikan kompor benar-benar sudah dimatikan sebelum meninggalkan rumah, terutama setelah masak makanan berbuka dan sahur,” kata Aminullah.

Dalam Sidak tersebut, Aminullah ikut mengecek kesiapan unit armada yang dimiliki Damkar Banda Aceh agar saat dibutuhkan selalu dalam kondisi siap pakai. Aminullah juga ikut melihat langsung uji fungsi fire truk mobil tangga milik Damkar yang mampu menyemprotkan air hingga 33 meter.

Kepala Damkar Banda Aceh, M Nurdin mengatakan, kedatangan Walikota selain untuk mengecek kesiapan petugas piket Damkar, juga sebagai ajang silaturrahmi dengan petugas.

“Setiap harinya ada 20 petugas yang standby ditambah 10 pejabat struktural Damkar. Mereka selalu siap dan selalu melakukan buka puasa bersama disini,” ujar Nurdin.

Masih kata dia, damkar Banda Aceh memiliki 12 unit armada, terdiri dari 10 mobil pemadam dan 2 mobil suplay.”Sesuai arahan Pak Wali, kita harus selalu siap terutama di bulan puasa. Karena dari data yang kita miliki, dari 74 kasus kebakaran tahun lalu, 29 kasus terjadi di bulan puasa,” ujarnya.[]

(Editor | M. Zairin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed