oleh

Protokol Kesehatan 3M untuk Melawan COVID-19

Banda Aceh-Protokol Kesehatan (Protkes) seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun (3M), harus menjadi kebiasaan masyarakat.

“Langkah ini harus membudaya sebagai upaya kita bersama-sama melawan penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19),” ujar Koordinator Duta 25 Perubahan Perilaku Aceh, Dr. Saiful Mahdi, Kamis (24/12/2020).

Hal itu disampaikan Saiful Mahdi, saat ditemui di lokasi disela-sela kunjungan Duta 25 Perubahan Perilaku Provinsi Aceh, di sembilan Kecamatan di Kota Banda Aceh, saat sosialisasi perubahan perilaku.

Dikatakan, sosialisasi perubahan perilaku di Banda Aceh dilakukan oleh Duta 25 Perubahan Perilaku Provinsi Aceh yang terdiri dari Himpsi Aceh, BPBA, Satpol PP/WH Aceh, KODAM Iskandar Muda dan Duta 75 dari Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh.

“Sosialisasi perubahan perilaku ini di fasilitas publik seperti pasar, kedai kopi dan lainnya di sembilan Kecamatan di Kota Banda Aceh yaitu Syiah Kuala, Kuta Alam, Baiturrahman, Ulee Kareng, Lueng Bata, Meuraxa, Banda Raya, Jaya Baru dan Kuta Raja,” katanya menyebutkan.

Ia mengharapkan Duta 25 Bidang Perubahan Perilaku dapat menjadi garda terdepan bagi satuan tugas (Satgas) Provinsi Aceh bekerjasama dengan Duta 75 dan Duta 300 yang telah terbentuk di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dalam penanganan COVID-19.

“Sejauh ini kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Duta Perubahan Perilaku antara lain melakukan rapat koordinasi secara luring di aula BPBA, Webiner series secara online dan berkoordinasi dengan Bidang Perubahan Perilaku di tingkat Nasional maupun Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Masih kata dia, Duta Bidang Perubahan Perilaku tersebut, bertugas memastikan peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun (3M).

“Kebiasaan 3M harus membudaya agar kita mampu memenangkan peperangan melawan COVID-19,” kata Saiful Mahdi menutup keterangannya. []

(Editor     | Muhammad Zairin)
(Laporan | Muhammad Zairin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed