oleh

Putri Fonna, Terjun ke Masyarakat Saat Pandemi COVID-19

PUTRI FONNA, begitu nama lengkap mahasiswi Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe ini. Disaat Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Ia hadir ditengah masyarakat Desa Tanjong Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur.

Kehadiran Putri Fonna disana dalam kegiatan kerja bakti program Kuliah Kerja Nyata (KKN), dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ferdy Saputra, S.H.,M.H.

Disana, Putri Fonna hadir sebagai relawan di Posko Gugus Tugas COVID-19 yang ada di desa Tanjong Minjei.

Posko ini untuk membuat tempat kepada masyarakat dapat melaporkan jika ada keluarga dan tetangganya yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah zona merah penyebaran COVID-19.

“Posko ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menaati protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari. Disamping itu posko ini sebagai tempat kami selaku relawan dan aparatur desa setempat, dapat mengetahui dengan jelas jumlah ODP dan PDP yang ada di desa Tanjong Minjei ini,” ujar Putri Fonna.

Diharapkan setelah dibentuknya posko ini, masyarakat dapat mendapat informasi aktual menyangkut jumlah ODP dan PDP yang ada di desa Tanjong Minjei.

“Juga mereka dapat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan, dan lain sebagainya,” tukasnya.

Kepala dusun Bahagia, Ridwan yang juga aparatur desa Tanjong Minjei, mengaku senang lantaran pemuda dan pemudi di Gampong tersebut mau ikut ambil andil dalam mengikuti kegiatan di tengah pandemi saat ini.

Walau provinsi Aceh termasuk zona hijau atau yang lebih dikenal sebagai daerah dengan penyebaran COVID-19 tergolong rendah, hal itu tidak membuat Aceh bisa lepas tangan begitu saja dalam menerapkan anjuran pemerintah untuk mendirikan posko COVID-19 di seluruh wilayah pemerintahan termasuk pemerintahan desa setempat.

Dan, merujuk Surat Edaran (SE) Menteri Desa, SE Mendes 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19, maka di desa Tanjong Minjei juga membuat Posko COVID-19. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed