oleh

RRI Banda Aceh Fasilitasi Guru Belajar dari Rumah

Laporan | M. Zairin

Banda Aceh-RRI Banda Aceh memfasilitasi program guru belajar di rumah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan lembaga kantor berita radio tersebut kepada Pemerintah dalam menyelenggarakan belajar dari rumah sebagai upaya menghindari penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)

Menyikapi kondisi penyebaran COVID-19 dan penerapan Physical distancing yang harus dilaksanakan, RRI Banda Aceh memfasilitasi belajar di rumah dengan mendengarkan siaran belajar di RRI.

Kepala RRI Banda Aceh Harianto,  menjelaskan programa siaran Ibu Pertiwi memanggil belajar di RRI merupakan program belajar dari rumah dengan mendengarkan siaran belajar selama satu jam setiap hari pada pukul 10.00 s.d 11.00 WIB (Senin s.d Jum’at).

“Bentuk wujud nyata misi RRI untuk menjamin terpenuhinya hak warga negara terhadap pendidikan, melalui siaran yang mencerdaskan dan hiburan yang sehat,” jelas Harianto.

Menurutnya, program ini disiarkan sejak 27 Maret lalu, pada pekan pertama mendatangkan langsung guru ke studio programa 2, dan sejak 1 April, guru yang menyampaikan materi pelajaran berada dirumah, dihubungi RRI banda Aceh pertelpon dan audio streaming.

“Agar proses belajar yang diberikan tidak membosankan, namun menyenangkan, guru diminta untuk menyiapkan materi yang padat, singkat dan ringkas guna memudahkan peserta didik untuk mendengar, dan waktu selama 1 jam cukup efisien, sehingga guru juga menjadi rileks saat siaran,” kata Harianto.

Masih kata Harianto, durasi waktu satu jam sangat efisien dan efektif, karena pihaknya ingin proses belajarnya menyenangkan, dikemas sedemikian rupa, ada selingan lagu dan gimmick gimmick lainnya, sehingga mereka tidak bosan mendengarkan dan guru pun menjadi santai.

“Siaran pendidikan ini merupakan instruksi dari Direksi Program dan Produksi LPP RRI, dilaksanakan secara serentak di Indonesia, menyahuti kebijakan belajar di rumah yang digaungkan pemerintah, dengan batas waktu pelaksanaan akan ditentukan kemudian sesuai dengan perkembangan siatuasi,”  sambungnya.

Ia menambahkan, program siaran belajar dari rumah ini disiarkan RRI Banda Aceh melalui siaran teresterial di FM 97,7 MHz (Programa 1) dan FM 92,6 MHz (Programa 2) dan melalui aplikasi rriplaygo di android. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed