oleh

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 Ikut Tergenang Banjir

Banda Aceh-Banjjr yang melanda Provinsi Aceh Kamis (08/05/2020) malam ikut menggenangi ruang isolasi pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Pinere.

Padahal, ruang untuk mengisolasi pasien COVID-19 yang berstatus dalam pengawasan tersebut selama  menunggu hasil uji swab itu baru di fungsikan dalam dua bulan terakhir ini.

Mengetahui kondisi itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meninjau kondisi area ruang isolasi pinere yang tergenang air akibat hujan deras yang melanda kawasan Banda Aceh, di komplek Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) lama, Jum’at, (8/5/2020).

Tiba dilokasi sekitar pukul 11.00 WIB, Nova langsung berkoordinasi dengan pihak rumah sakit RSUZA. Di sana, ia disambut oleh Direktur RSUZA, Azharuddin, Wakil Direktur RSUZA, Endang Mutiawati, dan Kepala Badan Penanggulanan Bencana Aceh, Sunawardi.

Nova meminta Direktur RSUZA beserta jajarannya untuk melakukan upaya-upaya agar curah air yang menggenangi  lokasi tersebut dapat diminimalisir.

“Tolong segera sediakan pompa air untuk menyedot. Lakukan sesuatu agar kondisi tidak lebih parah,” kata Nova.

Selain itu, Nova juga meminta agar pihak rumah sakit memastikan pelayanan medis untuk pasien COVID-19 tidak terganggu.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menghubungi Sekretaris Daerah Aceh dan Kepala Dinas terkait guna mempersiapkan Hotel Jeumpa milik Pemerintah Aceh di kawasan Lampineung sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 yang berstatus dalam pengawasan. Hotel tersebut akan digunakan bila kondisi ruang isolasi pinere RSUZA semakin parah.

Wakil Direktur RSUZA, Endang Mutiawati, menyampaikan, akibat meluapnya air di ruang isolasi pinere, pihaknya kini telah mengevakuasi beberapa orang pasien dalam pengawasan tersebut ke ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU).

“Mereka sudah kita pindahkan ke RICU,” kata dia.

Untuk diketahui, sejak Kamis (7/5) kemarin, hujan deras mengguyur kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Akibat hujan deras itu, sejumlah tempat dan kawasan di Kota Banda Aceh telah terdampak banjir. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed