oleh

Selamat Ulang Tahun Nova Iriansyah dan Irwansyah (Tgk. Mukhsalmina)

BERADA di kutup berbeda, itulah perjalanan politik Ir. Nova Iriansyah, MT dan Irwansyah atau lebih dikenal dengan nama Tgk. Mukhsalmina, Minggu (22/11/2020) berulang tahun.

Dilihat dari laman WIKIPEDIA, Nova Iriansyah lahir di Banda Aceh, 22 November 1963. Sedangkan Irwansyah atau lebih dikenal dengan nama Tgk. Mukhsalmina lahir di Cot Keueung, Kuta Baro, Aceh Besar, 22 November 1972.

Diketahui, Nova Iriansyah adalah Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022, menggantikan drh. Irwandi Yusuf, M.Sc, setelah pada 5 November 2020 lalu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, atas nama Presiden Republik Indonesia, dalam sidang paripurna DPR Aceh.

Sedangkan Irwansyah, atau yang lebih dikenal dengan nama Tgk. Mukhsalmina adalah politisi Partai Nanggroe Aceh (PNA). Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR Aceh dari partai besutan drh. Irwandi Yusuf, M.Sc, sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan Darwati A Gani yang menjadi first lady saat itu.

Kembali ke Nova Iriansyah yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Aceh, sebelumnya adalah Wakil Gubernur Aceh dan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, sekarang menjadi Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022.

Di kancah perpolitikan, Nova Iriansyah pernah menjabat Anggota DPR-RI Dapil Aceh I, Fraksi Partai Demokrat.

Semasa muda, Nova Iriansyah, telah menunjukkan minat dan kecerdasan pada ilmu arsitektur. Selama ia menempuh pendidikan Strata-1 di Teknik Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan dilanjutkan ke Magister Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung.

Kecintaannya pada bidang arsitektur inilah yang membuatnya memilih untuk berkiprah di dunia akademisi sebagai Dosen dan Ketua Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, sebelum terpilih menjadi anggota legislatif. Pengalaman lainnya sebelum menjadi anggota DPR RI adalah menjabat sebagai Komisaris PT. Mega Desain Konsultan dan PT. Archie Forum Konsultan.

Nova Iriansyah, adalah seseorang yang sangat aktif dalam berbagai aktivitas dan organisasi. Selama menjadi mahasiswa, ia aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, diantaranya Ketua Pelajar Mahasiswa Keluarga Tanah Rencong (PMKTR) Surabaya, dan Ketua Temu Karya Ilmiah ke-5 Mahasiswa Arsitektur se-Indonesia di Surabaya. Setelah lulus dari perkuliahan.

Ia dipercaya sebagai Sekretaris Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Aceh. Selanjutnya bencana alam tsunami yang melanda kampung halamannya telah mengetuk nuraninya untuk berperan serta sebagai koordinator LSM SAVE ACEH Provinsi NAD Untuk Korban gempa & Tsunami Aceh dan Koordinator POSKO Kemanusiaan PD untuk Gempa dan Tsunami Aceh Provinsi NAD.

Selain itu ia juga diberi tanggungjawab sebagai Ketua DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Provinsi Aceh. Anggota Pengurus Himpunan Pengembang Jalan/Jembatan (HPJI) Provinsi NAD. Komite Jasa Konstruksi KADIN Indonesia, Ketua Umum LPJKD Provinsi Aceh. Jabatan yang diemban saat ini adalah Ketua Tim Pemantau UU Pemerintahan Aceh dan UU Otsus Papua DPR-RI.

Di hari ulang tahunnya itu, Nova Iriansyah dijadwalkan akan meresmikan Masjid Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (22/11) besok. Selamat Ulang Tahun Pak Gubernur dan Tgk. Mukhsalmina! []

(Editor     | Redaksi)

Advertisement

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed