oleh

Seribuan KK Dapat Pemasangan Gratis Air Bersih

Aceh Tamiang-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang melakukan pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis untuk 1.050 rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Tahun 2020 ini, PDAM Tirta Tamiang akan pasang 1.050 jaringan air bersih untuk warga yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” sebut Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail, Selasa (15/9/20), di Aceh Tamiang.

Ia menjelaskan, pemasangan jaringan air bersih secara gratis tersebut tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten wilayah Aceh Tamiang. Pemasangan jaringan air bersih tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat yaitu sebanyak 1.050 Kepala Keluarga yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Saat ini proses pelaksanaan pemasangan sambungan air bersih sedang berlangsung di masing-masing kecamatan. Kita hanya sebagai penerima manfaat dari Program Kementerian,” ujar Ismail.

Saat ini, baru 11 kecamatan yang telah terakomodir pemasangan jaringan air bersih dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Tamiang, sementara satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Tenggulun belum terakomodir pemasangan jaringan air bersihnya.

Menurutnya pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis ini merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan.

“Kondisi prasarana dan sarana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga dan khalayak ramai,” jelas Ismail.

Ismail menyatakan, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menargetkan penambahan akses aman air minum dengan menambah Sambungan Rumah (SR) melalui jaringan pipanisasi.

“Intinya masyarakat berpenghasilan rendah harus menikmati air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, dalam berkehidupan,” ujarnya lagi.

Ia menyebutkan, untuk mendapatkan sebagai penerima pemasangan jaringan distrubisi air bersih gratis tersebut ada beberapa kriteria yang harus di penuhi, diantaranya:

1. Bersedia menjadi pelanggan PDAM

2. Daya listrik yang terpasang pada rumah tangga empat amphere

3. Memiliki KTP Aceh Tamiang

4. Memiliki KK dan

5. Berpenghasilan rendah

“Bagi warga yang memenuhi kriteria tersebut, nantinya akan di data terlebih dahulu oleh petugas PDAM Tirta Tamiang dan pemasangannya dilakukan gratis,” tutup Ismail. []

(Editor | Redaksi)

(Laporan | Erwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed