oleh

Siswa SMK Berkompetisi di Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi

banner 728x90

Laporan | Kontributor Banda Aceh

Banda Aceh-Sebanyak 69 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se Aceh berkompetisi di ajang debat Bahasa Indonesia tingkat Provinsi Tahun 2020, sejak 1-4 Maret 2020, di Hotel Madinathul Zahra.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, akan berlangsung sejak 1-4 Maret 2020, di Hotel Madinatul Zahra, Banda Aceh.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, S.Pd, M.Pd, dalam laporannya menjelaskan tujuan dilaksanakan seleksi debat bahasa Indonesia SMK ini adalah untuk memperluas wawasan para peserta didik.

“Agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dalam menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif, sekaligus membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat,” terang Teuku Miftahuddin.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat terkait dan merupakan bagian pembentukan karakter dan jati diri siswa yang berkualitas, berdaya saing serta mampu berkomunikasi dengan baik.

“Karena bahasa merupakan salah satu alat komunikasi dalam menunjang pemerataan mutu pendidikan di dunia SMK, ” katanya lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa peserta akan diseleksi oleh para dewan juri secara objektif. Dewan juri, sebutnya berasal dari akademisi, guru dan debater nasional.

“Peserta adalah para siswa-siswi SMK dan didampingi guru pendamping dari Kabupaten/Kota seluruh Aceh dengan jumlah keseluruhannya sebanyak 92 orang,” sebut Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh ini. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed