Suzuki Bersiap Perkenalkan Mobil Barunya

Jakarta-Belum lama ini Suzuki telah meluncurkan generasi terbaru Grand Vitara di India, tepatnya pada Juli 2022 lalu. Sport utility vehicle (SUV) flagship Suzuki ini hadir dengan desain yang baru dan teknologi ramah lingkungan dengan mesin hybrid.

Kemunculan generasi baru Grand Vitara terbaru itu tentu saja dinantikan konsumen Indonesia, terlebih mobil ini punya nama besar yang cukup melegenda di kalangan pecinta SUV.

Indikasi kehadiran generasi terbaru SUV ini juga terungkap dari obrolan bersama direksi Suzuki Indonesia ketika berkunjung ke Kantor Kompas.com, di Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (12/1/2023).

Suzuki berencana meluncurkan generasi baru Grand Vitara di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari 2023 mendatang.

“Iya (di IIMS akan ada produk baru), yang pasti kami akan fokus pada segmen SUV di tahun ini,” ucap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, di Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023).

Ketika ditanya lebih lanjut apakah produk yang dimaksud merupakan Grand Vitara, Donny masih enggan untuk berkomentar. “Belum bisa kita kasih tahu sekarang, nanti ya Februari awal,” katanya.

Seperti diketahui, Grand Vitara terbaru hadir dengan sentuhan desain yang berbeda dengan desain yang lebih modern. Pada bagian depan, terdapat gril piano black yang punya bentuk mirip Ertiga Hybrid anyar, tetapi lebih besar.

Dipadu dengan aksen krom pada bingkai dan emblem yang membuat wujud SUV ini lebih segar. Seperti SUV modern saat ini, Grand Vitara juga terlihat menggunakan desain floating roof dengan pilar jendela hitam, berbeda dari warna bodi. Garis bodinya begitu tegas tanpa ada lekukan yang memaksa.

Selain desain yang lebih segar, Suzuki Grand Vitara terbaru juga menawarkan dua pilihan mesin berbeda. Pertama, mesin milik Toyota TNGA Atkinson Cycle 1.500 cc bertenaga 92 Tk dan torsi 122 Nm, dikombinasikan dengan motor listrik yang punya daya 79 Tk dan torsi 141 Nm.

Tenaga kombinasi mesin hybrid ini bisa mencapai 114 Tk dengan pilihan transmisi eCVT. Pakai motor listrik saja, mobil ini bisa menjelajah hingga 25 Km memanfaatkan tenaga dan baterai. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 27,9 Kpl.

Kedua, mesin Dual Jet 2.5 liter K15 C Mild Hybrid, yang mirip digunakan pada Ertiga lansiran India, menghasilkan tenaga 103 Tk dan torsi 117 Nm.

Mesin ini menawarkan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan paddle shift, juga ada pilihan penggerak AllGrip AWD. Klaim konsumsi BBM 21,11 Kpl untuk transmisi manual 20,58 Kpl untuk versi matik, dan 19,38 Kpl untuk varian AllGrip AWD. []

(Sumber | KONTAN.CO.ID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed