oleh

Ternyata, Pria Asal Gayo Lues Positif COVID-19

banner 728x90

Banda Aceh-Sampel swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Gayo Lues berinisial NS (41) yang di uji Balai Litbangkes Aceh, Badan Litbangkes RI, ternyata positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Sampel Swab itu diuji dengan sistem Real Times Polimerase Reaction (RT PCR), sekitar 5,5 jam, hingga memperoleh hasil Positif COVID-19 tersebut.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani kepada media Pers, Sabtu (18/04/2020), di Banda Aceh.

Kepala Balai Litbangkes Aceh, Fahmi Ichwansyah, menerima sampel swab dari Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Aceh Bidang Kesehatan, dan dilakukan pengujian mulai pukul 10.15 WIB, Kamis (17/04/2020).

“Proses pengujian RT PCR swab tersebut memakan waktu sekitar 5-6 jam,” ujarnya.

Ia menerangkan, PDP inisial NS yang telah konfirmasi COVID-19 itu merupakan seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Kelud, yang asalnya dari Jawa Barat, namun istrinya warga Kabupaten Galus, Aceh.

Pada 8 April 2020, NS pulang ke Galus dan masuk karantina di Balai Latihan Kerja (BLK) Galus. Baru satu malam di BLK itu NS menunjukkan gejala tidak sehat (lemas) dan berobat ke Puskesmas Putri Beutong, Galus.

Puskesmas Putri Beutong merujuk NS ke RSUD Galus. Hasil pemeriksaan RSUD Galus menunjukkan ada infeksi paru (pneumonia) dan hasil rapid test pun Positif.

Karena itu ia dirujuk ke RSUD Cut Mutia, Aceh Utara, untuk diambil swab. Setelah satu malam di RSUD Cut Mutia, PDP NS dirujuk balik untuk dirawat di RSUD Galus pada 14 April 2020, hingga hasil swabnya diperoleh dan ternyata Positif COVID-19.

“Hasil uji swab NS kami laporkan ke Gugus Tugas COVID-19 Pusat untuk proses registrasi nasional, dan pasien NS sedang persiapan untuk dirujuk ke RSUZA Banda Aceh,” ujar Saifullah. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed