oleh

UIKM Harus Tetap Bertahan Sekalipun Ditengah Pandemi

Aceh Tamiang-Usaha Industri Kecil Menengah (UIKM), harus tetap bertahan sekalipun ditengah ancaman Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Memang, Pandemi COVID-19 telah berdampak hingga ke sektor pertumbuhan perekonomian pelaku UIKM, tidak terkecuali di Kabupaten Aceh Tamiang.

Tentu saja perekonomian UIKM sulit bertahan tanpa adanya dorongan dan dukungan Pemerintah. Jika tidak, bukan tidak mungkin banyak UIKM yang akan gulung tikar.

Beruntung, pelaku UIKM seperti di Kabupaten Aceh Tamiang mendapat dukungan penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Hal ini terlihat bahwa mereka (UIKM) mendapat bantuan alat usaha berupa mesin dan peralatan olahan pangan.

Tak ayal, meski ditengah padatnya agenda tugas Kepala Daerah, namun tidak menyurutkan niat Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, untuk menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Prosesi penyerahan bantuan berlangsung Selasa, (29/12/2020), di halaman kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang.

Jenis bantuan tersebut berupa mesin tahu sebanyak enam unit, mesin tempe 35 unit, mesin roti 20 unit, mesin terasi  tiga unit, mesin bakso 40 unit dan mesin presto sebanyak lima unit.

Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil mengatakan bantuan alat usaha yang disalurkan oleh pemerintah daerah, sebagai upaya memajukan UIKM sekaligus membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi COVID-19.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan nantinya pelaku usaha dapat berkembang dalam meningkatkan produksi dan kualitas barang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperbaiki perekonomian daerah,” katanya.

Menurutnya, UMKM dan UIKM bukanlah usaha sampingan atau usaha rumahan, akan tetapi merupakan usaha yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat.

Harapan saya dengan adanya bantuan ini, pelaku UIKM dapat memajukan usahanya sekaligus merawat dan menjaga bantuan yang sudah diterima,” harap Mursil.

Ketua Panitia Rafe’i, SE yang juga Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian menyebutkan jumlah mesin dan peralatan yang akan disalurkan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) sebanyak 109 (seratus sembilan) paket untuk 6 (enam) jenis Usaha IKM.

Menurutnya bantuan yang diberikan tersebut dari DPA perubahan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Anggaran 2020.

Dengan adanya program ini, Pemerintah berharap pelaku usaha dapat berkreasi dan berinovasi sehingga mampu berproduksi dan bisa mewujudkan industri yang mandiri, berdaya saing dan maju. []

(Editor     | Redaksi)
(Laporan | Erwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed