oleh

UTU Distribusikan Hand Washer ke Layanan Publik di Aceh Barat

Laporan | Azhar Sigege

Meulaboh-Universitas Teuku Umar (UTU) mendistribusikan Hand Washer (HW) ke sejumlah titik layanan publik di Kabupaten Aceh Barat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kampus tersebut dalam upaya mengantisipasi penyebaran wabah Coronavirus Disease (COVID-19) di Aceh, khususnya di wilayah itu.

“Untuk tahap pertama ada 10 Hand Washer (HW) telah didistribusikan ke berbagai tempat strategis yang merupakan tempat pelayanan publik seperti rumah sakit, pasar, stasiun, terminal, puskesmas dan lainnya di Aceh Barat,” ujar Ketua Satgas Cegah COVID-19 UTU, Dr. Mursyidin, MA, Selasa (31/03/2020), di Meulaboh.

Dikatakan, menjaga kebersihan tangan dirasa begitu penting termasuk sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Tentunya menjadi salah satu faktor pendukung bagi daya tahan tubuh seseorang mencegah datangnya sumber penyakit.

“Nah, dengan adanya Hand Washer (HW) ini, tidak mendorong masyarakat untuk keluar rumah. “Stay at home” tetap nomor satu, namun kami memahami terdapat kondisi seperti pelayanan kesehatan atau pelayanan publik yang tetap membutuhkan HW sebagai alternatif,” katanya.

Ia menyebutkan, selama tiga hari secara berturut-turut pihaknya (Tim Satgas Cegah Covid-19 UTU) mendistribusikan Hand Washer dan Hand Sanitazer ke beberapa titik sentral dalam Kabupaten Aceh Barat.

“Di RSUD Cut Nyak Dhien, misalnya. Selain Hand Washer, kita juga membantu sejumlah Hand Sanitazer yang diharapkan dapat membantu petugas medis yang bekerja dibarisan terdepan dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan,” sebut Mursyidin yang juga Wakil Rektor III UTU.

Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., M.B.A mengapresiasi terobosan yang dilakukan tim satgas UTU yang telah bergerak cepat merespon kebutuhan masyarakat dalam hal upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui penyediaan Hand Washer.

Ia berharap terobosan yang dilakukan oleh tenaga pendidik di perguruan tinggi ini dapat meningkatkan pengabdian para akademisi dalam dunia kesehatan di Aceh Barat, serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Aceh secara umum. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed