oleh

Walikota Serahkan LKPJ Tahun 2017 ke DPRK

Banda Aceh-Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyerahkan laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemko tahun 2017 ke pihak legislatif pada Sidang Paripurna DPRK Banda Aceh, Rabu, 18 April 2018.

Walikota mengatakan, sebagai dasar penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2017 adalah Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat.

“Alhamdulillah LKPJ Walikota Banda Aceh tahun 2017 telah disampaikan kepada DPRK Banda Aceh pada 29 Maret 2018,” ujar Aminullah.

Dikatakan, penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban ini merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi Pemerintah Daerah.

“Hasil penyelenggaraan pemerintahan selama kurun waktu tahun 2017, pada dasarnya merupakan hasil yang telah dicapai bersama oleh pemerintah selama tahun 2017 yang merupakan akumulasi dari pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, APBK Banda Aceh tahun Anggaran 2017 sebesar Rp.1,3 Triliun dapat terealisasi sebesar Rp.1,2 Triliun atau sebesar 91,01 persen.

“Dengan PAD sebesar Rp.280 Miliar lebih dimana mengalami peningkatan dari tahun 2016 yang berhasil mengumpulkan PAD sebesar Rp.233 Miliar lebih,” sebutnya.

Dari total APBK tersebut, Pemko Banda Aceh telah mengalokasikan untuk pelayanan dasar sebesar Rp. 763,9 M atau sebesar 56,75 persen.

Pihaknya menyadari bahwa selama proses pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada selama periode tahun 2017 selain memperoleh keberhasilan tetapi juga masih ditemui kendala dan kelemahan yang berpengaruh dalam pencapaian program yang telah ditetapkan.

“Namun Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya secara maksimal untuk meningkatkan kinerja para aparatur Pemerintah Kota Banda Aceh,” katanya lagi.[]

(Editor | Suandris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed