oleh

Warga Sidomulyo Aceh Utara Pilih Keuchik

Aceh Utara-Warga Gampong Sido Muliyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, akan melakukan pemilihan Keuchik (Kepala Desa), pada 15 Januari 2020 nanti.

Informasi diperoleh dari sumber terpercaya di Sidomulyo, ada tiga calon Keuchik Sidomulyo yang muncul pada pemilihan langsung tersebut. Mereka masing-masing, Syafruddin (Nomor Urut 1), Abdullah, S.Pd (Nomor Urut 2) dan Syarwani (Nomor Urut 3).

Berdasarkan data KPU Pilkada serentak tahun 2017 lalu, Gampong Sido Muliyo, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Utara ini memiliki 2.427 pemilih.

Dari data tersebut diketahui bahwa, jumlah pemilih pemula dari kalangan laki-laki sebanyak 51 orang dan perempuan berjumlah 49 orang.

Mengacu Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian Keuchik di Aceh disebutkan bahwa, Keuchik atau nama lain adalah pimpinan suatu gampong yang memiliki kewenangan
untuk menyelenggarakan urusan rumah tangga sendiri.

Keuchik mempunyai masa jabatan enam tahun terhitung sejak tanggal
pelantikan. Dalam hal masa jabatan keuchik telah berakhir, maka yang bersangkutan dapat mencalonkan kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Bakal calon Keuchik harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagaimana yang telah dituangkan dalam pasal 13 Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian Keuchik di Aceh. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed