oleh

YARA Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Penghuni Warga Binaan Rutan Idi

Aceh Timur-Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Perwakilan Aceh Timur menggelar penyuluhan hukum kepada warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Idi. Kegiatan tersebut yang di gekar bersama jajaran Lembaga Pemasyarakatan Idi, Aceh Timur, dengan tema “Bantuan Hukum sebagai Wujud Hak Konstitusional Warga Negara untuk Memperoleh Keadilan”.

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Perwakilan Aceh Timur Indra Kusmeran, S.H. menyampaikan bahwa penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh YARA tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman hukum kepada warga binaan pemasyarakatan mengenai hak-hak mereka demi tercapainya keadilan dalam menjalani proses penegakan hukum.

“Banyak keluhan kami terima dari para terdakwa yang merasa tidak memperoleh keadilan dalam berbagai tingkat pemeriksaan. Oleh karena itu, penting adanya penasehat hukum yang mendampingi untuk memperjuangkan hak-hak mereka di persidangan,” kata indra.

Selain itu, YARA juga akan memberikan konsultasi hukum gratis kepada warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Idi” tutur Ketua YARA Perwakilan Aceh Timur.

Kalapas Kelas IIB Idi, Eka Priyatna BcIp SSos MSi, menyambut baik kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh YARA tersebut. Menurutnya, warga binaan pemasyarakatan sangat membutuhkan pengetahuan hukum demi memperoleh solusi bagi proses hukum yang mereka jalani.

Ia menambahkan, mungkin saja selama ini ada yang merasa terganjal dibenak mereka mengenai proses hukum yang dijalani. Namun, melalui kegiatan ini mereka dapat berkonsultasi gratis dengan para penasehat hukum YARA.

“Lapas Kelas IIB Idi berharap dapat terus bekerjasama dengan YARA untuk melaksanakan kegiatan seperti ini dan akan menyediakan ruang konsultasi hukum kepada warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Idi,” tutup Eka Priyatna BcIp SSos MSi. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed